Sunday 9 July 2017

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

Menurut McLeod dalam Yakub (2012:8), Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya.

Menurut Sutarman (2012:14), Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisasikan dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima.


Menurut Sutabri (2012:29), Informasi adalah data yang telah diklasifikasikan atau diinterpretasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

Menurut Sutarman (2012:14), “Informasi adalah sekumpulan fakta (data) yang diorganisasikan dengan cara tertentu sehingga mereka mempunyai arti bagi si penerima”.

Menurut McLeod dalam Yakub (2012:8), “Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna bagi penerimanya”, sedangkan menurut Jogiyanto (2005:8) “Informasi adalah datayang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berartibagi yang menerimanya”.

Kualitas Menurut Jogiyanto (2005:9), yaitu :
1.    Akurat
Informasi harus bebas dari kesalahan-kesalahan dan tidak bias atau menyesatkan, dimana informasi harus jelas dan mencerminkan maksudnya.
2.    Tepat pada waktunya
Informasi yang datang kepada penerima tidak boleh terlambat, sebab informasi merupakan landasan dalam pengambilan keputusan. Jika informasi terlambat akan berakibat fatal bagi suatu organisasi.
3.    Relevan
Informasi harus mempunyai manfaat untuk pemakainya.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas

Postingan Terpopuler