Sunday 9 July 2017

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

Menurut Robert G. Mudrick, Thomas C. Fuller, dan E. Ros dalam buku Jogiyanto (2005:17) mengemukakan bahwa Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah kegiatan–kegiatan organisasi yang bertanggung jawab untuk menyediakan informasi keuangan dan informasi yang didapatkan dari transaksi data untuk tujuan peloparan internal kepada manajer untuk digunakan dalam pengendalian dan perencanaan sekarang dan operasional masa depan serta pelaporan kepada pemegang saham, pemerintah dan pihak luar lainnya.  


Menurut Mulyadi (2008:3) menjelaskan bahwa “sistem akuntansi adalah organisasi formulir, catatan dan laporan yang dikoordinir sedemikian rupa untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan”.

Menurut Gelinas dan Dull (2010, p14) adalah subsistem khusus dari sistem informasi yang berfungsi untuk mengumpulkan, memproses, dan melaporkan informasi yang berkaitan dengan aspek keuangan dari suatu kejadian bisnis.

Sedangkan menurut James A. Hall (2011, p7), sistem informasi akuntansi  adalah suatu subsistem yang memproses transaksi keuangan dan non-keuangan yang berpengaruh secara langsung terhadap pemrosesan transaksi keuangan.


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas

Postingan Terpopuler