Monday 1 May 2017

Pengertian Flowchart dan Hipo Menurut Para Ahli

1.  Hipo

Menurut Praptiningsih (2012:03) mengemukakan bahwa “HIPO (Hirarchy Input Process Output) yaitu alat bantu yang digunakan untuk membuat spesifikasi program yang merupakan struktur yang berisi diagram dimana di dalam program ini berisi input yang diproses dan menghasilkan output”.

Menurut Jogiyanto HM (2010:221) mengemukakan bahwa “HIPO merupakan akronim dari Hierarchy Input Process Output. HIPO merupakan paket yang berisikan suatu set diagram yang secara grafis menjelaskan fungsi suatu system dari tingkat umum ketingkat khusus”.

Menurut Al Fatta (2007:147), “HIPO merupakan teknik untuk mendokumentasikan pengembangan suatu sistem yang dikembangkan oleh IBM”.

2.  Flowchart

Menurut Sulindawati (2010:8) “Flowchart adalah penggambaran secara grafik dari langkah-langkah dan urutan-urutan prosedur dari suatu program”.

Menurut Jogiyanto (2005:700) mengemukakan bahwa “Diagram Alir Data (Data Flow Diagram) merupakan alat yang digunakan pada metodologi pengembangan sistem yang terstruktur (structured analysis and design)”.

Menurut Kusrini (2007 : 80) “Flowchart adalah bagan (chart) yang menunjukan aliran (flow) didalam program atau prosedur sistem secara logika, digunakan terutama sebagai alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi”.

Menurut Soeherman (2008:133), “Metode untuk menggambarkan tahaptahap penyelesaian masalah (prosedur) beserta aliran data dengan simbol-simbol standar yag mudah dipahami”.


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas

Postingan Terpopuler