Sunday 7 May 2017

Pengertian, Karakteristik dan kegiatan perusahaan dagang

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang membeli barang untuk tujuan menjual kembali tanpa mengubah bentuk atau sifat barang secara berarti.

Barang dagang ini bisa berupa barang konsumsi, barang prosuksi atau bahan baku untuk prosuksi. Jadi kegiatan utama perusahaan dagang adalah melakukan pembelian dan penjualan barang dalam bentuk fisik dengan spesifikasi berat, volume, atau ukuran fisik lainnya. Adanya barang berwujud fisik inilah yang membedakan perusahaan dagang dengan perusahaan jasa.

Kegiatan perusahaan Dagang
1.   Pembelian
Pembelian dalam perusahaan dagang meliputi pembelian aktiva prosuksi, pembelian barang dagangan serta pembelian barang dan jasa lain dalam rangka kegiatan usaha. Pembelian dapat dilakukan secara tunai maupun kredit.

2.  Pengeluaran uang
Pembelian akan diikuti adanya pembayaran. Pembayaran dapat dilakukan pada saat terjadinya penjualan atau pada saat tertentu sesuai dengan kesepakatan antara pembeli dan panjelual pada saat melakukan pembelian. Pembayaran juga dapat dilakukan untuk keperluan mengembalikan pinjaman atau membagikan laba kepada para investor.

3.  Penjualan
Penjualan dapat mengakibatkan adanya pendapatan. Penjualan dapat dilakukan secara tunai ataupun kredit. Pada saat menjual perusahaan juga terkait dengan syarat jual beli tertentu.

Dalam penjualan juga sering terjadi penerimaan kembali barang yang dijual (sales return) dan dalam penjualan juga adakalanya diberikan potongan harga atau disebut juga dengan pengurangan harga (Sales allowance). Hal itu semua akan dicatat pada perkiraan penjualan retur dan pengurangan harga (Sales Return and Allowance).

4.  Penerimaan uang
Setiap terjadi penjualan pasti akan diikuti dengan penerimaan uang. Penerimaan uang bisa diterima pada saat terjadinya transaksi penjualan. Sumber penerimaan uang bukan hanya ketika terjadi penjualan saja tetapi pada saat seperti  perusahaan mendapatkan setoran dari pemilik modal, pinjaman dari bank, dll.


Sumber : Buku Akuntansi Dasar Nanu Hasanuh terbitan Mitra Wacana Media

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas

Postingan Terpopuler