Monday 1 May 2017

Pengertian Basis Data Menurut Para Ahli


Menurut Hidayatullah (2012:137) “Basis Data adalah himpunan kelompok data yang saling berhubungan yang diorganisasikan sedemikian rupa agar kelak dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat dan mudah”.

Menurut Fathansyah (2012:3) mengemukakan bahwa “Sistem basis data adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan”.

Menurut Yuhefizard (2008:2) “Database diartikan sebuah koleksi atau kumpulan data yang saling berhubungan (relation), disusun menurut aturan tertentu secara logis, sehingga menghasilkan informasi. Sebuah informasi yang berdiri sendiri tidaklah dikatakan database”.

Sedangkan menurut Ichwan (2011:3) adalah kumpulan data berelasi yang disusun, diorganisasikan dan disimpan secara sistematik dalam media simpan komputer mengacu kepada metode-metode tertentu sedemikian rupa sehinggadapat diakses secara cepat dan  mudah menggunakan program atau aplikasi komputer untuk memperoleh data dari basis data tersebut.


Artikel Terkait

1 comment:

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel diatas

Postingan Terpopuler